English Bahasa Indonesia

Legal Documentation and Information Network (JDIH)

INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG


News

ITB RAIH JUARA 1 LDCC AWARD DAN ANGGOTA JDIHN TERBAIK II UNTUK TINGKAT PERGURUAN TINGGI DARI KEMENKUMHAM RI

14 December 2023


BANDUNG, itb.ac.id - Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Institut Teknologi Bandung (JDIH ITB) terpilih menjadi juara 1 dalam Kompetisi Legal Development Content Creator (LDCC) Awards tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI).


Selain itu, ITB juga mendapatkan penghargaan sebagai Anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) Terbaik II Tahun 2023 untuk tingkat perguruan tinggi.

Dalam kompetisi LDCC Awards 2023, ITB membuat video sosialisasi mengenai pinjaman online dan dampak buruknya terhadap masyarakat. Video dengan durasi satu menit itu mendapatkan banyak respons positif, sehingga terpilih menjadi yang terbaik pada kompetisi tersebut.


Sekretaris Institut, Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo, mengatakan kemenangan ini menjadi sebuah kabar gembira bagi ITB. "ITB mendapatkan kabar yang sangat baik sekali. Kita juara pertama untuk video LDCC dan juara 2 untuk JDIHN," ujarnya saat acara ramah tamah di Gedung Rektorat ITB, Senin (16/10/2023).


Di sisi lain, Kepala Kantor Hukum ITB, I Wayan Gunada, S.H., M.H., mengungkapkan kemenangan ITB dalam anggota JDIHN tingkat perguruan tinggi ini, dimulai dari restrukturisasi berkas-berkas yang ada di ITB. Kemudian secara tertib dan berkesinambungan, dokumen maupun berkas-berkas tersebut dikumpulkan, sehingga menjadi sebuah panduan pelayanan informasi yang lengkap.

Kemudian, Kepala Biro Administrasi Umum dan Informasi ITB, Usep Mulyana, S.Sos., MAP., mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, sehingga ITB berhasil mendapatkan penghargaan dari Kemenkumham untuk JDIHN dan video LDCC.


"Hubungan kerja sama dan kolaborasi dan Kantor Hukum, Biro Administrasi Umum dan Informasi, serta Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat sangat luar biasa. Dengan kondisi kita waktu yang terbatas, tapi bisa memberikan prestasi terbaik," tuturnya.


Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB, Dr. Naomi Haswanto, M.Sn., berpesan agar dengan prestasi ini, tidak membuat civitas academica dan para stakeholder untuk berpuas diri. "Artinya ada kecintaan terhadap ITB, sehingga dapat mewujudkan konsep yang baik. Namun jangan berpuas diri dulu, kita harus merawat kontuinitasnya. Sebab, di depan masih banyak ajang yang lainnya," ujar Dr. Naomi.


Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., pun memberikan respons yang positif terhadap kemenangan ini. Beliau juga memberikan apresiasi terhadap tendik yang terlibat dalam pembuatan video LDCC dan pengumpulan dokumen untuk JDIHN.

"Kita berusaha bukan hanya untuk mendapatkan hasil yang terbaik, namun juga agar dapat membuat sesuatu yang menginspirasi banyak orang. Terima kasih, selamat, dan saya bangga terhadap pencapaiannya," kata Prof. Reini.



ITB Ganesha Campus
Jl. Ganesa 10
Bandung - Jawa Barat, Indonesia
humas@itb.ac.id
ITB Campus in Jatinangor
Jalan Let. Jen. Purn. Dr. (HC). Mashudi No. 1
Sumedang - Jawa Barat, Indonesia
humas_@jatinangor.itb.ac.id
ITB Campus in Cirebon
Jl. Kebonturi, Arjawinangun
Cirebon - Jawa Barat, Indonesia
kampuscirebon@itb.ac.id
ITB Campus in Jakarta
Gedung Graha Irama (Indorama) Lt. 10 & 12
Jl. H. R. Rasuna Said Kav. 1 Setiabudi
Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta Indonesia 12950